AKREDITASI & PENDIDIKAN KITA

foto muhammad AlwiKalau kita mau jujur, tidak perlu banyak perubahan-perubahan dalam dunia pendidikan kita (sekolah). Apabila kita secara konsist menjalankan Manajemen Pendidikan (Mulai dari Manajemen Kesiswaan, Kurikulum, Komunikasi sampai Manajemen Sarana-Prasarana), lalu kita mengikuti pedoman-pedoman yang disarankan oleh pemerintah. Sekolah akan berjalan dengan sangat baik. Yang lain adalah bumbu penyedap dan vitamin-vitamin saja. Seringkali kita terjebak dalam methode tetapi melupakan essensi-essensi yang jelas.

Setiap kita harus mengetahui mana yang fatamorgana dan mana yang real. Mana yang hanya substansial (aradh) dan mana yang essensial. Pendidikan adalah memanusiakan manusia. Tidak memberikan banyak tambahan ‘apa-apa’,  tetapi menemukan, menuntun sehingga mereka (manusia itu) mampu bergerak diarah track/kecendrungannya (sesuai dengan build-in, blue-print cetakannya. Disinilah Substansial dan Essensial mesti benar-benar jelas, sehingga kita tidak salah dalam Effektifitas -pendidikan. Apapun effisiensi yang kita lakukan, bila effektifitas salah maka tidak akan banyak artinya.

AKREDITASI DAN MANAJEMEN PENDIDIKAN

Semestinya Akreditasi itu dilakukan dalam berbagai tingkatan : Tingkat Kabupaten (1 atau 2 th 1x), Propensi (3th-an) dan Pusat (mungkin bisa 5-7 tahun-an). Dengat sertifikat yang berbeda-beda. Bisa jadi tingkat kabupaten mendapatkan ‘B’ dan Tingkat Propensi mendapatkan ‘A’, atau sebaliknya. Komponen antara pusat dan daerah bisa berbeda (walau tetap mengacu 8 standart), dalam hal rincian misalnya (mengacu pada ‘otoda’ dan keunggulan/yang diharapkan oleh kabupaten masing-masing). Ditingkat atasnya pasti lebih seragam. Mengapa itu perlu dilakukan?

Sebab Cekking (bedah sekolah secara umum)/dilakukan saat akreditasi itu. Dan manajemen pendidikan benar-benar dilihat realitasnya saat itu. Sayang-nya dalam bahasa jawa: saat akreditasi “Kucing-kucing diraupi” (Kucingpun dibersihkan mukanya).  Saat Akreditasi apapun standart yang 8 itu diupayakan ada, disulap, dipoles, diada-adakan bahkan dimanipulasi. Kalau cekking itu ada dan berkelanjutan maka akan sangat baik buat sekolah (lembaga pendidikan), sebab sekolah/kepala sekolah dan team akan belajar manajemen pendidikan. Bagaimana manajemen Kurikulum (mulai penataan jadwal, RPP, guru, pembinaan guru dst), Manajemen Kesiswaan (mulai dari persiapan penerimaan murid baru, mapping siswa, BK sampai kelulusan dst). Keuangan (bagaimana mananjen keuangan, standart minimum akutansi dst). Kepala sekolah bagaimana visi-misi nya, kepemimpinannya, kharismanya, kewirausahaannya dst..dst.

Sekali lagi, bila ini berkelanjutan, sekolah (lembaga pendidikan kita) secara pasti akan lebih baik kedepanya.

 

(Sebuah harapan……dan ide).
Muhammad Alwi

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s