PENDIDIKAN YANG MEMBAHAGIAAN

Buku ana oke

Buku : Anak Bahagia dengan Pendidikan Positif

Kemarin sempat mengunjungi MAN Ciwaringin Jawa-Barat untuk melakukan Mapping Potensi dan Motivasi anak-anak MA/SMA, serta diskusi dengan para guru-nya. Sekolah ini punya keinginan untuk maju dan meningkatkan kualitas lembaga pendidikannya.

Lepas dari lembaga pendidikan diatas, Dalam sesi diskusi dengan para guru juga kepala sekolah yang banyak saya kunjungi, saya sangat jarang mendapatkan, mendengar konsep PENDIDIKAN yang dihubungkan dengan Kebahagiaan atau “PENDIDIKAN YANG MEMBAHAGIAAN”.

Padahal semua sepakat the ultimate goal, tujuan puncak, peak experience (tahapan terakhir dari Maslow), apa yang ingin diraih manusia, summum bonum-nya adalah Kebahagiaan.

Saya pribadi sudah mencoba mencari rumusan ini, dan ber-eksperimen disekolah-sekolah, selama 10 tahun lebih. Hasil praktis dan teoritis itu saya tuangkan dalam buku saya awal “Belajar Menjadi Sukses dan Bahagia” yang terbit tahun 2011 (Elexmedia-Gramedia), dan “Anak sukses dan Bahagia dengan Pendidikan Positif “, tahun 2014, oleh Noora Book. Sekarang dalam proses mencari penerbit, buku ketiga tentang Filsafat Kebahagiaan.

Dalam penelitian yang cukup serius dan saya kerjakan dengan sampel 22 sekolah dan 200-an resposnden, saya juga mencoba mencari “OCB (Organizational Citizenship Behaviour)”, sebuah perilaku manusia, dimana mereka dengan senang, tanpa pamrih, mau, siap dan cenderung melakukan apa-apa yang semestinya dilakukan, walaupun itu tidak ada tambahan gaji serta tidak masuk dalam job-diskription (kewajiban) kerjanya. Mengapa mereka mau, siap dan cenderung melakukan itu dalam sebuah organisasi, sementara orang-orang lainnya tidak? Faktor apa yang mempengaruhinya?

Fred Luthan juga mengembangkan konsep “Psychological Capital, Modal Psikologis” (PC), ini semacam modal sikap dan perilaku yang berperan besar dalam menentukan keberhasilan. Isi dari PC adalah resiliency (ketahan-bantingan), self-efficacy (sikap percaya pada kemampuan diri), Hope (harapan) dan Optimism.

buku

Buku : Belajar Sukses dan Bahagia

Apakah sekolah sudah memiliki wawasan itu? Saya katakan wawasan dulu, sebelum mempraktekkan apalagi mengintegrasikannya dalam kurikulum-pembelajaran.

Karena saya sangat percaya konsepsi, wawasan, informasi akan menentukan sikap, disposisi, attitude. Sementara Sikap itulah yang akan menentukan secara umum perilaku seseorang.

Pendidikan Karakter, Revolusi Mental, Pendidikan yang Membahagiaan dll, tidak akan dilakukan, tidak diinginkan bila konsepsi tentang-nya adalah negatif, dianggap sekadar teori, membebani guru, itu adalah tambahan beban tanpa tambahan gaji, ‘guru bebannya sudah berat’ dan lain sebagainya.

Apapun keinginan perubahan, upaya kemajuan walaupun itu lebih ringan, mudah, efisien….bila dipersepsi dalam imaginasi, waham, bayangan seorang guru, kepala sekolah sebagai sebuah hal-hal yang negatif, maka penolakan, barrier, keengganan untuk berperilaku/melaksanakan akan sangat sulit.

Muhammad Alwi
Pendidik dan Konsultan-Pendidikan
Praktisi : Mapping Potensi dan Pendidikan Positif

 

 

 

 

 

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Psikologi dan Pendidikan dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s