FRANZ MAGNIS : PENISTAAN AGAMA DAN “KEBODOHAN” EGGY SUDJANA??

Franz Magnis

Franz Magnis Suseno : Pakar Filsafat

Saya awalnya tidak tertarik dengan berita ucapan Eggy Sudjana yang berhubungan dengan penistaan agama. Walaupun saya tahu itu tidak pantas, tetapi juga tidak perlu sampai dilaporkan kepolisi dst, yang dapat dikenakan pasal-karet “Penistaan Agama”.

Ucapan, tuduhan ummat yang satu terhadap ummat yang lain memang sering menyesakkan hati, bahkan ucapan atau tuduhan ummat/madzab yang satu terhadap madzab yang lainnya.

Suatu misal saat ummat Islam mengatakan Kristen itu bertuhan 3, lalu Tuhan itu beranak, lalu mana ibunya? Atau tuduhan Ummat Kristen terhadap Muhammad saw, yang dianggap phedofilia, gila dst.

Saat suatu madzab menganggap yang satu pelaku Syirik atau pelaku Zina, atau dianggap Tuhannya berbentuk dst itu menjengkelkan.

Menarik ucapan profesor ahli filsafat sekaligus tokoh Katolik, Romo Franz Magnis-Suseno yang mengkritik pernyataan Eggy Sudjana, yang menyebut agama-agama selain Islam bertentangan dengan sila pertama Pancasila.

Kata Magnis, 1) Pancasila yang disahkan pada 18 Agustus 1945 sebagai pembukaan UUD merupakan hasil rumusan untuk menampung agama-agama yang ada di Indonesia. Dengan kata lain, para pendiri bangsa telah memahami bahwa Pancasila tidak hanya untuk satu agama saja. Justru pernyataan Eggy itu bertentangan dengan maksud dan makna sila pertama dari pancasila.

Sejak awal sebelum perumusan Pancasila, sudah ada 5 Agama besar di Indonesia, dan Pancasila berupaya dijadikan cpmmon-platform dalam berbangsa/bernegara.

2) Ketika (Eggy) mengomentari keyakinan agama yang berbeda dengan keyakinannya. Menurut Magnis, argumentasi Eggy bahwa tidak ada keesaan Tuhan di luar agama yang dianutnya menunjukkan kesombongan yang serius. Apalagi tidak ada yang lebih tahu sifat-sifat Tuhan selain Tuhan itu sendiri.

“[Letak] kesombongannya adalah [ketika] dia merasa tahu agama sendiri, lalu merasa bisa menilai agama lain,” katanya. lihat : https://fokustoday.com/…/profesor-filsafat-ada-dua-kebodoh…/

Disini menarik untuk didiskusikan bagaimana pemahaman kita tidak boleh dijadikan sandaran untuk melihat keyakinan kelompok lain (baik agama ataupun madzab). Sebab kelompok lain memiliki konsepsi dan pandangan yang khas menurut pandangannya.

Lalu bagaimana dengan undang-undang dan konsepsi “Penistaan Agama”? Apakah Eggy menistakan agama Hindu atau Agama Kristen?

Bagaimana menurut Anda?

Muhammad Alwi Pendidikan Positif
Edisi : #MerawatAkal

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Filsafat dan Agama dan tag , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s