Menimbang, Panji, Bendera Rasulullah Saw atau Bendera Hizb Tahrir?

Pawai HTI.jpg

Wanita-Wanita HTI

Menarik mendiskusikan kasus HTI khususnya setelah disahkannya Perpu Ormas Islam, Pembubaran HTI. Ada diskusi yang cukup ramai di medsos tentang, ‘Apakah Bendera Hitam dengan tulisan Syahadat itu Bendera Hibz Tahrir atau itu adalah Panji dan Bendera Rasul saw.

Ada sebuah penjelasan dalam teks-teks Kitab klasik yang berbunyi demikian; ﻳﻘﻮﻝ اﺑﻦ ﺣﺠﺮ ﻓﻰ ﻏﺰﻭﺓ ﺧﻴﺒﺮ: اﻟﻠﻮاء ﻫﻮ اﻟﻌﻠﻢ اﻟﺬﻯ ﻳﺤﻤﻞ ﻓﻰ اﻟﺤﺮﺏ ﻳﻌﺮﻑ ﺑﻪ ﻣﻮﺿﻊ ﺻﺎﺣﺐ اﻟﺠﻴﺶ، ﻭﻗﺪ ﻳﺤﻤﻠﻪ ﺃﻣﻴﺮ اﻟﺠﻴﺶ

Artinya: “Ibnu Hajar berkata dalam Ghazwat Khaibar bahwa Liwa’ adalah sebuah bendera atau tanda yang dibawa dalam perang, agar diketahui posisi pasukan. Terkadang bendera ini dibawa oleh pemimpin pasukan”.Imam Ibnu Hajar juga menampilkan banyak riwayat dalam masalah ini diantaranya: ﻭﺃﻭﺭﺩ ﺣﺪﻳﺚ ﺟﺎﺑﺮ ﺃﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺩﺧﻞ ﻣﻜﺔ ﻭﻟﻮاﺅﻩ ﺃﺑﻴﺾ ﺛﻢ ﺗﺮﺟﻢ ﻟﻠﺮاﻳﺎﺕ ﻭﺃﻭﺭﺩ ﺣﺪﻳﺚ اﻟﺒﺮاء ﺃﻥ ﺭاﻳﺔ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻛﺎﻧﺖ ﺳﻮﺩاء ﻣﺮﺑﻌﺔ ﻣﻦ ﻧﻤﺮﺓ ﻭﺣﺪﻳﺚ ﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﻛﺎﻧﺖ ﺭاﻳﺘﻪ ﺳﻮﺩاء ﻭﻟﻮاﺅﻩ ﺃﺑﻴﺾ ﺃﺧﺮﺟﻪ اﻟﺘﺮﻣﺬﻱ ﻭﺑﻦ ﻣﺎﺟﻪ ﻭﺃﺧﺮﺝ اﻟﺤﺪﻳﺚ ﺃﺑﻮ ﺩاﻭﺩ ﻭاﻟﻨﺴﺎﺋﻲ ﺃﻳﻀﺎ ﻭﻣﺜﻠﻪ ﻻﺑﻦ ﻋﺪﻱ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﻭﻷﺑﻲ ﻳﻌﻠﻰ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﺑﺮﻳﺪﺓ ﻭﺭﻭﻯ ﺃﺑﻮ ﺩاﻭﺩ ﻣﻦ ﻃﺮﻳﻖ ﺳﻤﺎﻙ ﻋﻦ ﺭﺟﻞ ﻣﻦ ﻗﻮﻣﻪ ﻋﻦ ﺁﺧﺮ ﻣﻨﻬﻢ ﺭﺃﻳﺖ ﺭاﻳﺔ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺻﻔﺮاء ﻭﻳﺠﻤﻊ ﺑﻴﻨﻬﺎ ﺑﺎﺧﺘﻼﻑ اﻷﻭﻗﺎﺕ

Artinya: “At-Tirmidzi menyampaikan riwayat hadis Jabir bahwa Nabi masuk ke Makkah bendera Nabi berwarna putih, kemudian Tirmidzi membuat bab Rayat dan menampilkan hadis Barra’ bahwa Rayah Nabi berwarna hitam segi empat dari Namira. Hadis Ibnu Abbas bahwa Rayah Nabi berwarna hitam dan Liwa nya berwarna putih. Dikeluarkan oleh Tirmidzi, Ibnu majah. Dan hadis tadi juga oleh abu Dawud, Nasa’i, demikian pula oleh Ibnu Adi dari hadis Abu Hurairah, Abu ya’la dari Buraidah. Abu Dawud meriwayatkan dari Sammak dari seseorang kaumnya, dari seorang yang lain dari mereka, saya melihat Rayah Nabi berwarna kuning. Riwayat diatas jika dipadukan karena waktu yang berbeda-beda”

Berkaitan dengan dalil bahwa bendera Nabi bertuliskan kalimat syahadat, dikomentari oleh Imam Ibnu Hajar seperti ini: ﻭﺭﻭﻯ ﺃﺑﻮ ﻳﻌﻠﻰ ﻋﻦ ﺃﻧﺲ ﺭﻓﻌﻪ ﺃﻥ اﻟﻠﻪ ﺃﻛﺮﻡ ﺃﻣﺘﻲ ﺑﺎﻷﻟﻮﻳﺔ ﺇﺳﻨﺎﺩﻩ ﺿﻌﻴﻒ ﻭﻷﺑﻲ اﻟﺸﻴﺦ ﻣﻦ ﺣﺪﻳﺚ ﺑﻦ ﻋﺒﺎﺱ ﻛﺎﻥ ﻣﻜﺘﻮﺑﺎ ﻋﻠﻰ ﺭاﻳﺘﻪ ﻻ ﺇﻟﻪ ﺇﻻ اﻟﻠﻪ ﻣﺤﻤﺪ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﻭﺳﻨﺪﻩ ﻭاﻩ – فتح الباري ٦/١٢٧
Artinya: Abu ya’la meriwayatkan dari Anas secara marfu’ bahwa Allah memuliakan umatku dengan bendera. Sanadnya dlaif. Abu Syekh meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Rayah Nabi bertuliskan La Ilaha Illa Allah Muhammad Rasulullah. Sanadnya sangat lemah (Fathul Bari, 6/127)

Dari penjelasan itu dapat kita simpulkan yaitu;
1. Sanad hadist itu dhaif, kalaupun mungkin ada yang shahih dihadist-hadist lainnya. Anggap seandainya hadist itu shahih, maka ada perbedaan antara Liwa’ dan Rayah.

2. Bendera Islam (Liwa’) sementara Panji adalah Rayyan, dengan warna Putih dan Hitam yang umum sementara ada yang berkata kuning.

Diskusi Panji/Bendera Rasul saw atau Bendera HTI?

Diskusi (1) Pertama: Simbol, Kata dan Makna Simbol

Simbol Nike.jpgSetiap Kata, Simbol,  dalam ilmu semiotika itu ada yang disimbolkan, isi simbol itu dan makna dari simbol itu. Sekadar contoh simbol sepatu atau alat-alat olah-raga NIKE (√ ). Sebelum Nike simbol itu bermakna ceklist atau tanda huruf atau kata Yunani/Romawi. Tetapi setelah dipakai, dipopulerkan dan seterusnya oleh NIKE, maka bermakna lain antara Simbol, Isi Simbol dan Makna Sombol.

Saat tanda itu ada dilapangan Bola, dikaos oloh-raga, dipemain-pemain sepakbola dan lainnya. Maka kita tahu itu adalah tanda dan simbol perusahaan dengan merk NIKE. Tetapi saat itu ada dikertas jawaban ujian, ada dikoreksian berkas-berkas, maka kita mengartikan itu adalah ceklist. Dan ini mafhum secara umum.

Bendera ISIS

Gambar 2 : Bendera ISIS

Artinya apa? Saat panji hitam itu tidak ada yang menggunakan secara ‘umum’, baik Muhammadiyah, NU di Indonesia atau tempat-tempat lain didunia. Lalu Hizb Tahrir yang mempopulerkan itu, menggunakan dalam acara-acaranya dan seterusnya, maka kita tahu itu adalah Bendera atau Simbol dari Hizb Tahrir (HT). Bisa jadi itu dipakai dalam hal-hal tertentu selain HT, tetapi sama kasusnya secara umum dengan ceklist tadi.

Jadi saat ada demontrasi, saat ada pelatihan kaderisasi Islam, saat ada hal-hal yang berbau politik dan pergerakan dll, lalu ada kain hitam dengan tulisan khas kalimat syahadat (La Ilaha Illa Allah Muhammad Rasulullah). Maka kita bisa mengatakan itu adalah bendera Hizb Tahrir. Apalagi disana ditambah dengan kata-kata Syariat Islam dan Khilafah. Maka jelas-jelas itu bukan kalimat syahadat biasa tetapi itu adalah simbolisasi gerakan Hizb Tahrir.

Diskusi (2) Kedua : Gambar-gambar Khas

Bendera HTI 2

Gambar 1. Bendera Hizb Tahrir

Kalau kita bandingkan antara bendara Hizb Tahrir, bendera ISIS dan Bendera Saudi Arabia. Ketiganya menggunakan kata-kata syahadat, La Ilaha Illa Allah Muhammad Rasulullah. Tetapi apakah orang secara umum mengatakan itu panji Rasul saw atau itu bendera Hizb Tahrir, itu bendera ISIS dan itu bendera Saudi Arabia. Mengapa? Karena sekali lagi ada tanda, ada isi tanda dan ada makna tanda (yang disimbolkan). Saudi mungkin sedikit berbeda karena ada pedang dan warna hijau (bukan hitam). Tetapi ini sekadar pendekatan.

Diskusi 3 (Ketiga) : Jenis Tulisan 

Bendera Saudi

Gambar 3 : Bendera Saudi Arabia

Semua ahli sejarah sepakat bahwa harakat dan tanwin tidak ada pada zaman Rasul saw, bahkan mushaf Usmani juga tidak ada Harakatnya.
Orang pertama kali yang membubuhkan harakat dan tanwin dalam kalimat bahasa arab adalah Abul Aswad ad-Duali. Ini beliau lakukan ketika beliau menulis sebuah buku tentang belajar bahasa arab, dalam rangka meluruskan kekeliruan kalimat bahasa arab yang umumnya diucapkan masyarakat. Ada juga yang mengatakan, Orang yang pertama memberi harakat dan tanwin adalah Nashr bin Ash al-Laith.

Artinya apa? Kalau melihat sejarah itu, maka Panji dan Bendera Rasul saw, ISIS lebih konsekuen daripada HT mengapa? Bendera ISIS tidak ada titik dan harakat. Bahkan terkesan ada semacam stempel dengan tulisan “Muhammad Rasulullah”.

Demikian juga jenis tulisan : ada perbedaan antara jenis tulisan bendera ISIS dan Bendera HT.

Pertanyaan lainnya adalah Apakah Hibz Tahrir mau atau cukup sering menggunakan bendera ISIS? Kalau mereka meyakini itu juga Panji Rasul? Jawabnya dilapangan…tidak pernah itu digunakan, kecuali beberapa waktu lalu karena sebagian kelompok Islam di Indonesia (mungkin juga simpatisan HTI) sedang marak baiat pada ISIS.

Kesimpulan :

Dari beberapa penjelasan diatas bisa disimpulkan bahwa “Simbol Hitam” itu adalah bendera HT (Hizb Tahrir). Lalu mengapa itu mesti diklarifikasi sedemikian viral oleh HTI dengan mengatakan itu Panji (Rayyan) atau Bendera (Liwa’) Rasul saw?

Setahu saya simbol bendera HT (Hizb Tahrir) atau Hizb Tahrir di Indonesia (HTI) pada awalnya diterima dengan enjoy saja oleh orang lain juga oleh HTI sendiri. Tetapi bendera itu bermasalah dan menjadi harus diberikan penjelasannya setelah HTI dinyatakan sebagai ormas terlarang. ( lihat disini UU Pelarangan Ormas HTI ), dan Pengesahan Perpu menjadi UU oleh DPR lihat disini (DPR Sahkan Perpu Pembubaran Ormas Islam HTI). Saat HTI dijadikan ormas terlarang, maka otomatis gerakan-gerakannya mesti dibatasi, tidak diizinkan dan lain sebagainya.

Massa HTI cukup banyak, terorganisir dan ‘membahayakan’, mereka masih sering melakukan kegiatan, demotrasi dan mengubah-ubah secara sederhana pola-pola kegiatannya. Kadang mereka bersama-sama ikut demo dengan ormas Islam lainnya (seperti kasus demontrasi Alumni 212).

Saat demo atau kegiatan lain, bendera-bendara HTI bertebaran….bahkan kadang dibumbuhi dengan tulisan ‘khilafah dan syariah’ baik bersamaan atau terpencar. Karenanya tudingan dan pertanyaan-pertanyaan mengapa sebagai ormas terlarang tetap boleh dan terus berkiprah dengan tetap sebagai HTI? Dengan simbol-simbolnya? Itulah keperluan mereka, memberikan opini bahwa itu bukan bendera HTI tetapi itu adalah Panji atau Bendera Rasul Saw.

Bagaimana Menurut anda?
Muhammad Alwi, Peminat Studi Islam, Filsafat dan Pendidikan.

 

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Alumni Pasca Sarjana Univ Brawijaya Malang, sekarang studi lanjut di Department Psychology. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Filsafat dan Agama, Uncategorized dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s