10 Prinsip Guru Ideal dan Efektif

Foto Ana Jakarta OkeDalam Sekolah dan Lembaga Pendidikan,  2 dua faktor utama keberhasilannya yaitu bagaimana Gurun-ya dan bagaimana Siswa-nya.

  1. Guru memahami konsep inti dari pendidikan, bahan dan alat pembelajaran, disiplin serta mampu menciptakan pengalaman belajar yang menjadikan materi pelajaran menjadi bermakna bagi siswa.
  2. Guru memahami bagaimana anak-anak belajar dan berkembang dan dapat memberikan kesempatan belajar yang mendukung perkembangan intelektual, sosial, dan pribadi mereka.
  3. Guru memahami bagaimana siswa berbeda dalam pendekatan mereka untuk belajar dan menciptakan peluang pengajaran yang disesuaikan dengan beragam pelajar.
  4. Guru memahami dan menggunakan berbagai strategi pengajaran untuk mendorong pengembangan pemikiran kritis, pemecahan masalah, dan keterampilan kinerja siswa.
  5. Guru menggunakan pemahaman tentang motivasi dan perilaku individu dan kelompok untuk menciptakan lingkungan belajar yang mendorong interaksi sosial yang positif, keterlibatan aktif dalam pembelajaran, dan motivasi diri.
  6. Guru menggunakan pengetahuan tentang teknik komunikasi verbal, nonverbal, dan media yang efektif untuk mendorong eksplorasi aktif, kolaborasi, dan interaksi yang mendukung di kelas.
  7. Guru merencanakan pengajaran berdasarkan pengetahuan materi pelajaran, siswa, masyarakat, dan tujuan kurikulum.
  8. Guru memahami dan menggunakan strategi penilaian formal dan informal untuk mengevaluasi dan memastikan perkembangan intelektual dan sosial yang berkelanjutan dari pelajar.
  9. Guru adalah praktisi reflektif yang terus-menerus mengevaluasi efek dari pilihan dan tindakannya terhadap orang lain (siswa, orang tua, dan profesional lain di komunitas pembelajaran) dan yang secara aktif mencari peluang untuk tumbuh secara profesional
  10. Guru membina hubungan dengan kolega sekolah, orang tua, dan lembaga di komunitas yang lebih besar untuk mendukung pembelajaran dan kesejahteraan siswa.

Lihat yang lain tentang Guru : Fungsi GuruKafir dalam Pendidikan Sebuah Refleksi

Tentang pendidikan positif

Kami adalah Pendidik, Guru, Dosen dan Trainer. Riwayat Pendidikan : S1 : Manajemen dan Psikologi. S2 : Manajemen Human Resource, Univ Brawijaya Malang S3 : Manajemen Pendidikan Univ Negeri Malang. Kami mengembangkan Seminar, Workshop, dan berbagai Test berbasiskan psikology. Mulai dari 1. Workshop berbasiskan Multiple Intelligence, Topografi Otak, Power Personality, Performance Barrier, Succes with Understanding Personality, Otak Kanan- Otak Kiri, bagaimana mengetahui dan memanfaatkannya untuk sukses dll. Semua itu untuk pengembnagan SDM dan Human Capital. Baik untuk Guru, anak-anak (TK, SD, SMP, SMA, PT), juga untuk karyawan Industri dan Perusahaan. 2. Test test yang mendukung workshop dan seminar diatas seperti; a) Test Multiple Intelligence, b) Test Personality, c) Test Performance Barrier dll. Konsep Kami adalah......Discovering Your Royal road to learning, achievable and Personal Satisfaction. Bagaimana caranya? Caranya dengan discovering your talent, your ability (dengan pemahaman, test), the right place....maka sukses dan bahagia akan mudah didapatkan. Positif Pendidikan adalah Pendidikan yang berusahan menjadikan pebelajar (siapapun yang belajar), akan mampu untuk meraih tidak hanya sukses (achievable) tapi juga bahagia (will-being). Success and Happy.
Pos ini dipublikasikan di Psikologi dan Pendidikan dan tag , . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s